Ubah Pikiran Anda

my11Elisabeth Gilbert, penulis buku Eat, Pray, and Love dalam sebuah wawancara mengatakan, ‘we should Change Our Mantra‘ Kita harus mengubah ‘mantra’ kita.
Kita ketahui bersama kalau mantra adalah rangkaian kata-kata/suara yang diucapkan berulang-ulang, dapat berupa ucapan doa ataupun dalam aktivitas tertentu lainnya.
Namun Elisabeth Gilbert ingin mengatakan kita harus mengubah mantra yang kita ciptakan sendiri di benak kita masing-masing.

Sebuah survey mengatakan manusia berkata lebih banyak kepada dirinya sendiri daripada kepada orang lain. Oleh karena itu menjadi sangat penting sekali apa yang kita katakan ke dalam diri kita sendiri. Dalam dunia psikologi kita pernah mendengar istilah self-talk, dimana setiap individu memiliki kecenderungan besar untuk berbicara dengan dirinya sendiri. Ketika Anda terus menerus mengatakan hal yang buruk mengenai hidup anda, mengenai karir Anda, mengenai kesehatan Anda, mengenai fisik Anda, maka itulah ‘mantra’ yang Anda ucapkan kepada diri Anda, dan apa yang terjadi pada Anda terkadang diciptakan sendiri oleh pikiran dan perkataan Anda.

Saya tidak cantik, Saya pasti gagal, Saya seorang pecundang, Saya tidak berbakat, Saya lemah, Saya tidak sanggup menjalani hidup ini, Hidup saya berantakan’

Ini adalah sebagian mantra negatif yang mungkin pernah Anda katakan. Seberapa besar Anda inginkan perubahan dalam hidup ini ?, Seberapa kuat tekad Anda untuk menjalani hidup yang lebih baik ?
Jangan berharap faktor eksternal berubah untuk Anda, melainkan ubah lebih dulu ‘mantra’ dalam diri Anda.

Mulai ubah mantra Anda ke arah yang lebih positif untuk membangun kepercayaan diri Anda. ‘Saya luar biasa, Saya pasti akan berhasil, Saya dilahirkan menjadi seorang pemenang, Hidup saya begitu indah, Saya bersyukur atas kondisi saya, Saya pasti bisa’ Katakan mantra tersebut tiap hari untuk membangkitkan gelora hidup Anda. Tinggalkan sejenak semua beban atau permasalahan yang mungkin sedang Anda hadapi. Ciptakan harapan dalam pikiran Anda, dan terus mengafirmasi pikiran Anda dengan sebuah kemungkinan positif yang bisa Anda taklukkan. Joel Osteen dalam bukunya Become A Better You mengatakan Change the way you speak about yourself and you can change your life. Ubah cara Anda berkata-kata tentang diri Anda dan Anda dapat merubah hidup Anda.pikiran
Apa yang kita katakan menentukan arah kehidupan kita. Anda tahu mantra mana yang seharusnya Anda ucapkan untuk kehidupan yang lebih baik.

Hidup ini terlalu singkat untuk terus menerus menghakimi diri sendiri terhadap berbagai kegagalan dan kesalahan di masa lalu. Anda tidak hidup untuk masa lalu, melainkan untuk masa depan. Apa yang terjadi di masa lalu hendaknya tidak terus menerus menhantui pikiran Anda sehingga menjadi takut untuk bertindak.
Hentikan dialog internal yang mengarah kepada kemunduran diri dan kehilangan harapan. Dialog yang tercipta dalam diri Anda seharusnya dialog yang positif dan membangun sebuah harapan.

Artikel lainnya –>

Perihal yuditiens
My Phone :081388994700

Tinggalkan Balasan

